Apa fungsi tuba falopi

*tuba falopi adalah saluran yang menghubungkan antara keduanya. Wanita memiliki dua sel indung telur, yang artinya wanita memiliki dua tuba falopi juga.*

*Apa fungsi tuba falopi?*

~Setiap bulan wanita akan memproduksi sel telur untuk dibuahi. Indung telur akan melepaskan sel telur yang diantarkan ke rahim melalui saluran tuba ini.

~Dalam saluran ini pula biasanya menjadi pertemuan atara sel telur dan sperma untuk pembuahan, baru kemudian akan berkembang menjadi embrio dalam rahim.

~Masalahnya, tuba falopi ini memiliki rongga yang sangat kecil sehingga rentan terjadi sumbatan. Hal inilah yang diduga menjadi pemicu seorang wanita sulit memiliki keturunan.

~ Faktanya tuba falopi tersumbat menjadi 40% penyebab kemandulan pada wanita.

*Tuba falopi tersumbat bisa disebabkan berbagai hal, diantaranya :*

~Radang panggul (PID), yaitu peradangan pada organ-organ reproduksi biasanya akibat infeksi bakteri atau virusPernah menjalani operasi seperti usus buntu atau radang usus.

~Pernah keguguran atau aborsiSebelumnya pernah mengalami kehamilan etopik.

~Operasi besar termasuk pada daerah tuba falopi

~Terkena penyakit menular seksual seperti Klamidia atau Gonore

~Endometriosis, yaitu tumbuhnya endometrium diluar rahim kemungkinan menekan tuba falopi sehingga salurannya tertutup

*Gejala umum tuba falopi tersumbat diantaranya :*

-Vagina mengeluarkan cairan abnormal
-Rasa tidak nyaman dan sakit selama hubungan intim
-Sering sekali buang air kecil
-Perasaan gelisah diikuti gejala mual dan muntah
-Demam dan sakit kepala parah.
-Nyeri saat menstruasi
-Sakit perut parah di kedua sisi, terutama di daerah perut bagian bawahNyeri punggung bawah

*Jenis penyumbatan Hidrosalping, yaitu sumbatan yang disertai dengan pembengkakan tuba falopi bisa menimbulkan gejala seperti keputihan yang tidak normal dan rasa sakit terutama dibagian perut bawah.*


herbalnya bisa di kasih
Codrink matca 2x1 sbm
Clorp 3x1 3x1 sbm
Herbagyn 3x1setelah makan selang 1sampai 2 jam
Curcumed 3x1 seblum makan

Cara Menyembuhkan Penyumbatan Tuba Falopi secara Alami

Hampir 40% kasus kemandulan wanita disebabkan oleh penyumbatan tuba falopi. Sering kali, hanya satu tuba falopi yang tersumbat, sementara yang satunya lagi berfungsi normal. Namun, beberapa wanita juga dapat mengalami penyumbatan pada kedua tuba falopi.

Karena penyumbatan tuba falopi biasanya asimtomatik, kondisi ini biasanya tidak terdeteksi sampai seorang wanita tidak dapat mengandung, dan menjalani pemeriksaan untuk menentukan penyebab infertilitas tersebut. Sebagian besar kasus penyumbatan tuba falopi bersifat reversibel dan dapat disembuhkan dengan perawatan alami.

Lakukan di bawah ini untuk mulai melakukan satu atau lebih perawatan dan pengobatan alami berikut ini untuk membuka sumbatan tuba falopi Anda dengan sukses.

1Menghilangkan Penyebab Stres
~Berhenti merokok dan minum alkohol.Rokok dan alkohol adalah dua faktor penyebab utama munculnya penyakit dan hambatan sejenis ini. Namun, tidak cukup hanya mengurangi konsumsi Anda -- yang terbaik yaitu Anda berhenti sama sekali.

~Merokok dan minum alkohol, selain merusak kesehatan tuba falopi Anda, juga tidak baik untuk tubuh,organ, kulit, rambut, gigi, atau kuku Anda. Menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk ini akan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

2.Meditasi. 
~Meditasi membantu menurunkan tingkat stres Anda, yang sebagai akibatnya dapat meningkatkan penyembuhan dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Idealnya, sangat menguntungkan jika Anda memulai hari Anda dengan melakukan 10-15 menit meditasi atau teknik-teknik relaksasi mental dengan latihan pernapasan.Bahkan hanya beberapa menit saja Anda menemukan zen Anda dapat memastikan awal hari yang positif dan membuat Anda lebih mampu menangani stres sepanjang hari. Berkurangnya stres berarti berkurangnya keparahan inflamasi yang menyumbat tuba falopi.

Sambil ucapkan doa "ya allah terimakasih engkau berikan kami kesehatan "

3.Lakukan yoga. 
~Yoga diketahui dapat mengalirkan energi-energi tubuh Anda secara harmonis dan mengaktifkan potensi penyembuhan yang lebih besar. Dua asana yang dapat membantu meningkatkan fertilitas wanita adalah Setubandhasana dan Viparita Karani, dua pose yang melatih otot-otot gluteal dan pelvis.Untuk melakukan pose pertama ("pose jembatan tersangga"), berbaringlah pada punggung Anda dengan kedua lutut ditekuk dan gunakan otot-otot Anda untuk mengangkat pelvis Anda dari lantai. Tarik napas seraya Anda mengangkat pelvis Anda dari lantai dan turunkan kembali seraya Anda menghembuskan napas setelah berhenti selama 2 detik.Viparita Karani atau "pose kedua kaki di dinding" adalah asana lainnya dari sistem Yoga India tradisional yang membantu mengurangi sumbatan pada tuba falopi. Pose ini dilakukan dengan berbaring pada punggung dengan berkontak dengan dinding pada sisi Anda, seraya mengangkat kaki Anda pada sisi tersebut lurus ke atas terhadap dinding pada sudut 90°. Setelah berhenti sejenak selama 2 detik, turunkan kembali secara perlahan.

4.Pertimbangkan pijat fertilitas.Memijat perut, sebuah teknik yang digunakan oleh para penyembuh natural, dapat membantu menghilangkan sumbatan tuba falopi Anda dan meningkatkan kesehatan dan fungsi tuba falopi pada umumnya. Pijat meningkatkan sirkulasi darah di dalam dan sekitar tuba falopi, sehingga memecah jaringan bekas luka dan perlekatan dan mengurangi inflamasi.[1] Anda dapat melakukan sendiri terapi ini:Berbaringlah telentang pada karpet olahraga dengan sebuah bantal menyangga punggung bawah Anda.Relaks dan oleskan minyak almond, zaitun, atau lavender pada kedua tangan Anda dan pijat tulang pubis Anda, karena uterus terletak di bawah tulang ini.Pijat secara lembut serta semakin ke bawah, dan tarik dinding perut Anda ke arah pusar. Tahan posisi ini, hitung sampai 10, dan lepaskan tangan Anda. Ulangi manuver ini 10 sampai 20 kali.Jangan lakukan ini jika Anda sedang menstruasi atau hamil. Juga, jika bisa, kunjungi ahli terapi pijat yang ahli dalam pijat perut untuk hasil yang lebih baik.

~Hindari makanan yang mengandung hormon-hormon. Usahakan menghindari hal-hal seperti daging karena daging mengandung hormon-hormon yang dapat memengaruhi hormon-hormon wanita seperti estrogen. Gantikan dengan makanan yang mengandung anti-oksidan tinggi untuk membantu meningkatkan penyembuhan.Makanan yang mengandung anti-oksidan tinggi adalah buah-buahan segar, sayuran (semua jenis), minyak sayur seperti minyak bunga matahari, minyak bunga saf, minyak kelapa, minyak biji sesawi (minyak zaitun mengandung anti-oksidan paling tinggi).Teh, cokelat, kedelai, kopi, oregano, dan kayu manis mengandung banyak flavonoid (salah satu jenis antioksidan).

~Karotenoid adalah enzim tanaman yang mempunyai aktivitas anti-oksidan yang dapat mengurangi timbunan radikal bebas di dalam tubuh. Karotenoid didapatkan dengan memakan telur, buah-buahan dan sayuran berwarna merah-kuning seperti wortel, mangga, paprika, pepaya, berbagai jenis jeruk, bayam, zucchini, dll.

Semoga berhasil dan sembuh aamiin🙏

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa fungsi tuba falopi"

Posting Komentar