CARA AMPUH MENGATASI HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN TOMAT DENGAN TEEKNOLOGI NASA

Berikut ini adalah beberapa jenis hama dan penyakit pada tanaman tomat beserta cara menggulanginya :

Ulat buah ( Helicoperva armigera dan Heliothis sp. ). Gejala : buah berlubang dan kotoran menumpuk dalam buah yang terserang. Lakukan pengumpulan dan pemusnahan buah tomat yang terserang. Semprot dengan PESTONA.

Lalat buah ( Brachtocera atau Dacus sp. ). Gejala : buah busuk karena terserang jamur dan bila buah dibelah akan kelihatan larva berwarna putih. Bersifat agravator, yaitu sebagai vektor penyakit jamur, bakteri  dan Drosophilla sp. Kumpulkan dan bakar buah yang terserang atau buang jauh dr lahan kebun tomat, gunakan perangkap lalat buah METILAT.

Busuk daun ( Phytophthora infestans ), bercak daun dan buah ( Alternaria solani ) serta busuk buah antraknose ( Colletotrichum coccodes ). Jika ada serangan semprot dengan Natural GLIO.dicampur gula pasir dengan perbandingan 1:1. Sementara untuk mengatasi  vektor pembawanya seperti triphs, kutu kebul, banci, kutu persik dan tungau, kendalikan dengan penyemprotan Natural BVR, PENTANA atau PESTONA secara bergantian.

Busuk ujung buah. Ujung buah tampak lingkaran hitam dan busuk. ini gejala kekurangan Ca ( Calsium ). Berikan  dolomit atau calsium nitrat Jika ada serangan semprot menggunakan Natural GLIO.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA AMPUH MENGATASI HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN TOMAT DENGAN TEEKNOLOGI NASA"

Posting Komentar